RSS

Peranan Virus dalam Kehidupan Manusia

27 Feb

Virus ada yang bermanfaat  bagi manusia , ada pula yang menimbulkan kerugian bagi manusia, berikut ini diuraikan  contoh – contoh virus yang menguntungkan dan merugikan

  • VIRUS YANG MENGUNTUNGKAN

A). MEMBUAT ANTITOKSIN.

Apabila bakteri terus menerus  membelah diri, berarti setiap sel bakteri baru mengandung  DNA Manusia dan  mampu memproduksi antitoksin, antitoksin yang diprodukksi dapat dipisahkan dan digunakan untuk melawan penyakit pada manusia. Bakteri yang demikian dipelihara terus menerus, tentu saja diusahakan  agar DNA Virus  yang tergabung itu tidak kumat lagi, agar DNA virus tidak pergi dari dalam sel bakteri. Menarik bukan? Itulah kerja para pakar biologi bidang rekayasa genetika. Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa virus dapat dititipi gen manusia atau dapat juga  gen organism lain untuk dimasukkan ke dalam sel bakteri agar sel bakteri tersebut membawa sifat gen yang dititipi tadi.

B). UNTUK MELEMAHKAN BAKTERI

Contoh lain tentang virus yang menguntungkan adalah virus yang menyerang bakteri pathogen, jika DNA Virus lisogenik masuk ke dalam bakteri pathogen, maka bakteri tersebut mmenjadi tidak berbahaya,misalnya bakteri penyebab penyakit demam scarlet yang berbahaya akan berubah sifat menjadi tidak berbahaya juka di dalam DNA nya tersambung oleh profag

C) UNTUK MEMPRODUKSI VAKSIN

Selain itu, beberapa virus digunakan untuk memproduksi vaksin, vaksin adalah pathogen yang telah dilemahkan  sehingga jika menyerang manusia, tidak berbahaya lagi, karena diberi vaksin tubuh manusia akan  akan memproduksi antitoksin, kelak jika pathogen yang sesungguhnya menyerang, tubuh telah kebal karena berhasil memproduksi antitoksin bagi pathogen tersebut.\

  • VIRUS YANG MERUGIKAN

Virus dapat merugikan  karena menyebabkan berbagai jenis penyakit pada manusia, hewan dan tumbuhan

Virus yang menyebabkan penyakit pada manusia antara lain sebagai berikut :

Influenza virus, penyebab penyakit influenza ( flu ). Virus ini menyerang sel – sel saluran pernapasan bagian atas, gejala penyakit adalah demam, pillek, pusing , pegal dan batuk.

Human Immunodeficiency virus ( HIV) penyebab AIDS yang mematikan, virus ini menyerang sel – sel darah putih jenis limfosit T, gejala penyakitnya adalah gejala gabungan beberapa jenis penyakit karena  menurunnya kekebalan tubuh.

Hepatitis Virus. Penyebab  penyakit hepatitis B, virus ini menyerang sel – sel hati sehingga menimbulkan gejala perut membesar dan tubuh penderita berwarna kuning.

Ebola virus, penyebab penyakit yang mematikan, virus ini menyerang  sel pertahanan tubuh, gejala penyakit ebola  demam yang disertai perdarahan

Measles Virus, penyebab penyakit cacar, virus ini menyerang sel kullit  dan menimbulkan gejala awal sepeti demam, batuk, pilek, kemudian muncul  luka cacar mulai  dari wajah kemudian keseluruh tubuh.

Polio virus, penyebab penyakit polio, virus polio menyerang sel – sel pada sistem saraf sehingga mengakibatkan kelumpuhan.

Mumps Virus, penyebab penyakit gondong, virus gondong menyerang sel – sel kelenjar ludah sehingga menimbulkan bengkak di belaang telinga

Herpes  simplex virus,  penyebab penyakit herpes, virus ini menyerang membrane mucus (  lendir ) di mulut, alat kelamin, dan kulit. Gejala penyakit ini adalah kulit memerah dan muncul bintil seperti luka melepuh.

v  Human Papilomavirus, penyebab penyakit kutil pada kulit. Human papilomavirus  menyerang sel – sel kulit dan dapat berkembang menjdi kanker, gejalanya adalah adanya benjolan di kulit

Virus Flu

Virus yang menyebabkan  penyakit pada pada hewan antara lain sebagai berikut :

Rous Sarcoma Virus ( RSV) penyebab tumor pada ayam.

Bovine Papilomavirus, penyebab  tumor pada sapi

v  Virus penyakit mulut dan kaki pada sapi dengan gejala melepuh dan berlendir di sekitar mulut dan kaki sapi

v  Virus penyakit tetelo pada ayam (new castle disease ) dengan gejala mencret dan batuk – batuk

Rabdovirus, penyebab penyakit pada anjing, monyet, kucing dan juga manusia, virus ini menyerang  sistem saraf pusat sehingga menimbulkan gejala takut air, gelisah, hilangnya control otot dan agresif.

Virus yang menyebabkan penyakit pada tumbuhan

Tabacco Mosaic Virus (TMV) penyebab penyakit mosaic pada tembakau dengan gejala pertumbuhan terhambat dan daun bercak – bercak. TMV juga dapat menyerang tanaaman lain, misalnya tomat.

Citrus leprosies Virus (CiLV) penyebab penyakit pada jeruk

v  Virus Tungro pada tanaman padi yang menyebabkan padi yang menyebabkan tanaman padi menjadi kerdil.

v  Virus yang menyerang tanaman hias, misalnya bunga tulip dan anggrek.

PENCEGAHAN DAN PERTAHANAN DIRI  TERHADAP SERANGAN VIRUS

Tindakan  pencegahan yang dapat dilakukan terhadap  serangan virus adalah dengan pembeian vaksin. Vaksin adalah suatu zat yang mengandung mikroorganisme pathogen yang sudah dilemahkan. Pemberian vaksin memberikan kekebalan secara aktif, contoh vaksin untuk mencegah penyakit yang disebabkan oleh virus adalah sebagai berikut :

  • OPV ( Oral Polio Vaccine ) atau vaksin polio
  • Vaksin Rabies
  • Vaksin Hepatitis B
  • Vaksin influenza
  • Vaksin Cacar
  • Vaksin MMR ( Measles, Mumps, Rubella ) untuk cacar, gondong dan campak.

Kemampuan  virus  untuk menyebabkan penyakit di sebut virulensi. Virulensi virus ditentukan banyak factor yaitu sebagai berikut :

  1. Keberadaan dan aktivitas reseptor paad permukaan sel inang yang memudahkan  virus melekat
  2. Kemampuan virus menginveksi sel
  3. Kecepatan replikasi virus dalam sel inang
  4. Kemampuan sel inang dalam menahan serangan virus misalnya sel memproduksi senyawa yang dapat membunuh virus

Kulit dan membrane mukosa ( misalnya pada membrane usus dan lambung ) merupakan lapisan pertahanan pertama terhadap virus, virus pada umumnya  tiadak dapat menginfekksi kulit, kecuali jika kulit terluka atau digigit hewan semisal anjing.

Sebagian besar virus masuk ke tubuh manusia melalui mulut dan hidung, sebagian melalui kulit yang luka, jka ada virus yang  masuk tubuh akan segera menyerangnya sebagai berikut :

  1. Cara yang pertama adalah sel darah  putih atau fagosit akan segera memakan dan merusak virus
  2. Cara yang kedua adalah tubuh menghasilkan molekul protein yang disebut antibody. Protein asing virus disebut antigen, jika antigen masuk ke dalam tubuh maka tubuh akan terpicu memproduksi antibody, antibody ini sangat spesifik dan menyerang hanya pada antigen  yang memicunya.

KLASIFIKASI VIRUS BERDASARKAN TIPE ASAM NUKLEAT

Klasifikasi virus  berdasarkan tipe asam nukleatnya adalah sebagai berikut :

Untitled-1

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Februari 27, 2013 in Uncategorized

 

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: